Akta Notaris Nomor 10 tahun 1995 dan Nomor 81 Tahun 1999 Terdaftar pada Pengadilan Negeri Nomor 085/PP/YYS/1985 dan Nomor 6/BA/YYS/1999 Jln. Garuda 81 Karangpandan, Pakisaji, Malang 65162 Telp. 0341-802415 / Hp. 0813 3454 9111 / Email: nurjayai@yahoo.com

PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN PURA OLEH BUPATI

Pelatekan Batu Pertama Pembangunan Pura Majapahit Candi Jawar Desa Mulyoasri, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang dengan dibangunanya PURA ini diharapkan dapat memperkokoh Sradha dan bhakti serta sebagai sarana Umat Hindu dalam melaksanakan upacara-upacara keagamaan. selain itu yang lebih penting adalah membangun mental umat Hindu di daerah ini semakin memahami, menghayati dan menerapkan apa yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Reruntuhan Candi Jawar di  Mulyoasri, Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang diyakini oleh umat Hindu sebagai tempat suci para leluhur raja-raja dan maha resi serta Mpu yang membabad tanah jawa.
Hal ini disampaikan Bupati Malang H. Rendra Kresna saat peletakan batu pertama pembangunan Pura Majapahit Candi Jawar di Desa Mulyoasri, Kecamatan Ampelgading, beberapa waktu lalu.


“Apalah artinya sebuah bangunan tempat ibadah yang megah tanpa diimbangi dengan ‘kemegahan’ sikap dan perilaku serta iman pemeluknya. Karena itu saya mengharapkan kepada umat Hindu di daerah ini untuk terus meningkatkan kualitas keagamaan, agar dapat memaksimalkan fungsi Pura ini ke depan sebagai tempat suci peribadatan,” kata bupati.
H. Rendra Kresna menambahkan, seperti tempat peribadatan lainnya, Pura dapat dijadikan benteng moral.
“Pura juga dapat berfungsi sebagai tempat kegiatan pendidikan keagamaan, tempat melakukan kegiatan sosial keagamaan dan juga tempat kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya. Kiranya tempat suci ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh segenap umat Hindu untuk melaksanakan sembahyang serta upacara-upacara keagamaan. Saya juga menghimbau agar Pura Majapahit Candi Jawar ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan dan fungsinya,” harapnya.
Bupati juga mengatakan bahwa peningkatan kualitas kehidupan sosial yang berlandaskan agama dan budaya di Kabupaten Malang, pada dasarnya telah menunjukkan perkembangan positif. Hal ini terlihat dari animo masyarakat yang semakin tinggi dalam mengikuti berbagai aktivitas sosial keagamaan maupun kebudayaan.
“Dalam mewujudkan pengamalan nilai-nilai agama, Pemerintah Kabupaten Malang bersama tokoh dan pimpinan organisasi keagamaan serta masyarakat, secara terus- menerus berupaya untuk meningkatkan kemudahan umat beragama dalam menjalankan ibadahnya.
Pembangunan fasilitas peribadatan terus dilakukan, baik yang mendapat bantuan dari pemerintah maupun yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat,” jelasnya.
Selain itu juga terus dilaksanakan kegiatan pembinaan umat beragama melalui kerjasama dengan Forum Komunikasi Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Malang sehingga kerukunan hidup diantara sesama umat seagama dan antar umat beragama semakin kondusif.
Hal ini terwujud berkat upaya membangun sinergi antara para pimpinan informal di masyarakat dengan pimpinan formal pemerintahan di setiap tingkatan, dialog secara intensif dengan kalangan pimpinan agama maupun tokoh-tokoh lintas agama, para sesepuh, tokoh pejuang, budayawan dan seniman, tokoh pemuda dan mahasiswa, tokoh perempuan, kalangan pers dan sebagainya, dalam proses pembangunan mulai dari perencanaan dan evaluasi agar filosofi dan ajaran agama dapat menjadi ruh dan kekuatan spiritual dalam pembangunan dan sosial kemasyarakatan.
“Karena itu tak bosan-bosan saya menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat, seluruh penganut agama dan kepercayaan di Kabupaten Malang dan khususnya kepada umat Hindu untuk dapat terus membina kerukunan demi kebersamaan menuju kesejahteraan masyarakat. Hubungan sosial dengan umat lain senantiasa mesti dijaga sehingga dapat tercipta keharmonisan dan ketenteraman. Mari bersama hidup berdampingan dan berteman dengan umat beragama yang lain agar tetap terbina kerukunan antar umat beragama yang diidamkan bersama demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang secara umum,

@admin di himpun dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: