Akta Notaris Nomor 10 tahun 1995 dan Nomor 81 Tahun 1999 Terdaftar pada Pengadilan Negeri Nomor 085/PP/YYS/1985 dan Nomor 6/BA/YYS/1999 Jln. Garuda 81 Karangpandan, Pakisaji, Malang 65162 Telp. 0341-802415 / Hp. 0813 3454 9111 / Email: nurjayai@yahoo.com

JALANIDIPUJA DI MALANG RAYA TAHUN 2015

 Om Swastyastu.
Kehidupan manusia pada dasarnya tidak terlepas dari kebutuhan jasmani yang bersifat duniawi dan kebutuhan rohani yang bersifat spiritual. Ditengah – tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat perlu adanya keseimbangan antara kedua kebutuhan tersebut, agar manusia dapat mencapai kehidupan yang harmonis, aman tentram dan sejahtara. Namun terkadang tuntutan kebutuhan duniawi lebih utama sehingga manusia berusaha untuk memenuhinya dengan berbagai cara.  

Melihat kondisi yang demikian maka perlu adanya pembinaan – pembinaan yang didasari dengan konsep - konsep agama, agar manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tidak terlepas dari jalur kebenaran, manusia harus manyadari bahwa kebutuhan material bukanlah satu-satunya hal yang mutlak, namun perlu adanya keseimbangan dengan kebutuhan  spiritual dari ajaran- ajaran agama. Melalui ajaran-ajaran agamalah manusia dapat terbimbing untuk berbuat dan bekerja dalam jalan kebenaran dan kebajikan.
Keadaan yang demikian inilah yang disadari oleh lembaga agama kususnya Parisada Hindu Dharma Indonesia sebagai lembaga agama tertinggi umat Hindu, untuk mengadakan pembinaan secara intensif dan rutin kepada umat Hindu di wilayah Malang agar dapat melaksanakan ajaran agama dengan sebaik-baiknya sehingga dapat tercipta suasana yang kondusif ,aman, tentram dalam masyarakat. 
Salah satu agenda besar dari kegiatan keagamaan yang akan dilaksanakan oleh umat Hindu se Kabapaten Malang pada Tahun 2015 adalah Kegiatan Upacara Jalanidhi Puja yang dilaksanakan setiap panglong ping telulas tilem kasanga di Pantai Balekambang. Upacara Jalanidhi Puja / melasti merupakan rangkaian kegiatan yang pertama dalam perayaanHari Raya Nyepi Tahun Baru Saka.


     Tujuan Upacara Jalanidhi Puja
1.       Mensucikan sarana – sarana upacara yang berupa Pratima, Pralingga, Arca dll.
2.       Mensucikan buana alit / diri manusia dengan Tirta Kamandalu.
3.       Meningkatkan Bhakti / ketaqwaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa/ Tuhan YME yang dilaksanakan dalam bentuk ritual / persembahyangan disetiap rangkaian kegiatan.
  Tema Kegiatan

Melalui Upacara Jalanidhi Puja Kita Tingkatkan Kesucian Diri dan Alam Semesta Menuju Peningkatan Kualitas Kerja

Jadwal kegitan

_/\_ om santi santi santi

Tidak ada komentar: