Akta Notaris Nomor 10 tahun 1995 dan Nomor 81 Tahun 1999 Terdaftar pada Pengadilan Negeri Nomor 085/PP/YYS/1985 dan Nomor 6/BA/YYS/1999 Jln. Garuda 81 Karangpandan, Pakisaji, Malang 65162 Telp. 0341-802415 / Hp. 0813 3454 9111 / Email: nurjayai@yahoo.com

LATAR BELAKANG

Menurut keyakinan ajaran Hindu tidak ada manusia yang sempurna, hanya Tuhanlah yang maha sempurna. Begitu juga dalam masyarakat Hindu ada yang mampu dan ada yang lemah, ada yang kaya juga ada yang miskin, semua itu merupakan bagian alam semesta ini.
Tujuan pembagunan nasional adalah terwujudnya masyarakat adil dan makmur, material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Masyarakat Hindu yang merupakan bagian dari Bangsa Indonesia harus dapat membantu agar terwujud tujuan di atas. Salah satu yang dapat di lakukan oleh umat Hindu adalah pembangunan spriritual manusia.
Pembangunan mental manusia salah satunya adalah dengan melakukan pendidikan dan pembinaan masyarakat terkait dengan ajaran-ajaran agama Hindu. Melihat kondisi umat Hindu yang ada di Kab.Malang khususnya dan Jawa Timur pada umumnya masih jauh dari kesempurnaan. Umat Hindu di Kab. Malang sebagian besar adalah petani dan buruh tani yang artinya masih tergolong lapisan ekonomi menengah ke bawah bahkan ada sebagian besar yang kurang mampu.
Berdasarkan kondisi tersebut, maka yayasan tri murti berinisiatif untuk membentuk suatu lembaga yang independen yang dapat membantu masyarakat Hindu yang kurang mampu khususnya dalam hal biaya pendidikan anak sekolah. Pada tanggal 11 mei 2012 di Wiyata Graha Tri Murti Malang melalui rapat pengurus yayasan dan beberapa tokoh agama Hindu maka dibentuklah Lembaga Dana Punia Tri Murti yang berkantor di Wiyata Graha Tri Murti Pakisaji, Malang.
Lembaga ini berfungsi untuk menampung bantuan dari para donator ataupun sejenisnya yang pada akhirnya nanti akan disalurkan untuk membiayai siswa dan anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu.